NEWS-25 okt 2008-Suhu Kota Bdg N Global Warming

10.25 / Diposting oleh StephanieCitra /


kerasa ga si, akhir2 ini panasnya luuuuaaarrrr binasa ?!?

Dulu (waktu kecil - sekarang juga masi sich..) gue berani mandi tanpa air panas cuma kalo gue lagi liburan di rumah popoh g di Cirebon. Cirebon kan pinggir laut tuh.. yah maklum lah klo suhunya udaranya panas... TAPI ini kan BANDUNG! Udah beberapa hari ini gue bisa mandi tanpa air panas! dan ini bukan prestasi baru gue teman-teman..... tapi prestasi terbaru dari Pemanasan global alias Global Warming...

Awal Mei taun ini, waktu gue iseng2 SMS temen gue dari Jogja, "Hi, C (Ci Chindy Tan)! Kongres nanti dateng kan? Udah di Jakarta dari tanggal berapa?" (Waktu itu beberapa hari menjelang Kongres Vegetarian di Jakarta)

terus C Chindy bales SMS gue dgn topik yang ga nyambung...
"E, Hani! ES DI KUTUB AKAN HABIS AKHIR TAHUN 2008 INI!!!!! gila kan!!! Kebayang ga sich segitu cepetnya ......." terus dia masih sempet jelasin tentang zat2 metana yang akan lepas ke permukaan bumi, dll, dll...

Malem itu dan besoknya gue 'melayang-layang' terus membayangkan kemungkinan2 kalo kutub mencair...
* Permukaan laut naik... (jakarta dan kota2 di pinggir laut bakal tenggelam...)
* Beruang kutub punah.. (hiks...)
* zat metana (yang tadi dijelasin ama C Chindy) 'mungkin' akan menyebabkan ledakan2 yang entah sebesar apa. (ow, inget ga beberapa waktu yang lalu sering ada berita2 di Tipi yang cerita ttg orang2 yang menemukan air yang bisa 'mengeluarkan' bensin lah, celah di tengah sawah yang mengeluarkan zat serupa gas- yang ama petani2 bisa dipake buat masak mie segala... - gue yakin itu adalah si zat metana yang mulai lepas ke permukaan bumi.)
* Dan setelah semua itu (klo ampe terjadi ledakan maha dashiat dan bumi semakin memanas) akan kembali lah zaman ES !!!!

Inget pas pergantian tahun dari 1999 jadi 2000, orang2 bilang "U beruntung tau bisa liat pergantian milenium! Ini cuma terjadi 1000 tahun sekali!" yah, walaupun buat gue ma, apa bedanya ama taun2 baru yang laen? belom ada tuh mobil terbang, dan alat2 canggih yang gue bayangin akan ada di taun 2000.

Tapi apa masih bisa dibilang beruntung klo u termasuk salah satu orang yang juga menyaksikan es di kutub akhirnya habis, ledakan maha dashiat akibat zat metana dan yang paling beruntung lagi, u akan lihat sendiri ZAMAN ES di kehidupan u!!!!

Keberuntungan yang aneh...

Balik lagi ke suhu kota Bandung, temen gue Yogi (jangan GR nama u disebut2 di blog gue, Gi!) dia baca di koran, "Suhu kota bandung naik 0,3 derajat celcius setiap taun"

Gue pikir ni head line cuma 'mengecilkan' masalah sebenarnya... 0,3 derajat itu dari tahun berapa ampe taun berapa? Klo dah mulai dari taun 70 an, berarti ampe sekarang (38 tahun kemudian) kota Bandung dah naek 11,4 derajat dunk....

Yah terserah lah ya....
yang pasti... senang klo bisa melihat ZAMAN ES bersama kalian, teman...
akan lebih senang lagi klo gue masih bisa melihat kalian setelah zaman ES lewat... AMIN?

Label:

0 komentar:

Posting Komentar